28 April 2020 21:50:11
Ditulis oleh Admin

Maksimalkan Pencegahan Virus Corona, Ormas Tahulu Dirikan Posko Relawan Pencegahan Covid-19

www.tahulu-merakurak.desa.id - Jumlah kasus positif virus corona (covid-19) di Indonesia hingga kini terus bertambah. Berbagai upaya untuk memutus rantai penyebaran covid-19 pun terus dilakukan baik di perkotaan hingga di pedesaan. Seperti di desa Tahulu contohnya, Organisasi masyarakat (Ormas) Paguyuban Insan Komunikatif, Intelektual dan Religious (PIKIR) asal Dusun Bancang Desa Tahulu kini mendirikan Posko Relawan Pencegahan Covid-19 guna memaksimalkan penanganan virus corona di Desa Tahulu.

Ketua Ormas, Muhammad Thohirin mengatakan dengan adanya pergerakan dari bawah dalam upaya pencegahan covid-19 ini, maka akan lebih cepat dalam memutus rantai penyebaran virus corona. Untuk itu dalam musyawarah organisasi tersebut, Thohirin bersama anggota sepakat untuk mendirikan Posko Relawan Pencegahan Covid-19.

"Kami mengajak anggota untuk aktif dalam upaya pencegahan covid-19 ini. Jika pencegahan ini kita mulai dari bawah (wilayah sekitar) maka akan lebih cepat memutus rantai penyebaran virus corona" ujarnya usai rapat.

Selain itu, Ketua Posko, Ahmad Rifa'i mengatakan telah menyusun beberapa agenda kedepan. Misalnya saat penyemprotan Disinfektan, rifa'i akan mengajak Ketua RT untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

"Jika kita mengajak Jetua RT maka penyemprotan disinfektan ini akan lebih cepat terselesaikan dan merata. Sehingga tidak ada yang terlewatkan" jelasnya.

Selain netralisasi, agenda lainnya adalah menperketat para pendatang yang baru pulang dari perantauan luar daerah atau luar negeri. Dalam hal ini, setiap Ketua RT akan diberikan Surat Pernyataan yang wajib diisi para pendatang untuk melakukan isolasi diri dirumah selama 14 hari (2minggu) sesuai peraturan dari pemerintah.

"Surat Pernyataan ini nantinya diisi dan di tanda tangani oleh yang bersangkutan, kemudian nanti kita serahkan ke pemerintah desa karna dalam surat pernyataan tersebut terdapat tanda tangan dari kepala desa dan keamanan desa, jadi surat pernyataan ini harus ditaati oleh pendatang" jlentrehnya.

Sementara itu, Kepala Desa Tahulu Sumariyono mengatakan sangat mendukung atas pergerakan dari organisasi tersebut. Dengan demikian maka pencegahan covid-19 di desa Tahulu ini akan lebih maksimal.

"Saya mengapresiasi upaya pemuda-pemudi dari Dusun Bancang ini atas kerelaan menjadi relawan pencegahan covid-19 di wilayah Tahulu ini" ucap Kades 2 periode itu.

Diketahui, Posko Relawan Pencegahan covid-19 ini berada di Gedung Serbaguna (eks. PKK) Dusun Bancang Desa Tahulu. Organisasi tersebut memanfaat gedung yang jarang dipakai untuk tempat rujukan para warga dalam melaporkan kejadian terkait covid-19. (Adm)



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus