26 Agustus 2016 15:38:09
Ditulis oleh Admin

Sejarah Desa

SEJARAH DESA TAHULU

 Legenda Desa

 

Keberadaan suatu desa tidak lepas dari sejarah. Begitu juga desa Tahulu mempunyai histories tersendiri sehingga dinamakan desa Tahulu. Menurut cerita mbah Sukemi mengatakan, Desa Tahulu merupakan daerah yang kering yang wilayahnya merupakan daerah tegalan yang jarang ditumbuhui pepohonan. Ada tempat yang ditumbuhi pohon yang buahnya kalau sudah tua sulit dikunyah sehingga orang-orang memberinya nama pohon ental atau mental alias sulit dikunyah atau sekarang dinamakan pohon siwalan. Pohon  tersebut tumbuh di desa sebanyak tiga batang yang bahasa jawanya Telu, sehingga masyarakat menamakan daerah dimana tumbuhnya pohon Ental tersebut dengan sebutan Tahulu yaitu ental telu.

 

Kebenaran dari cerita tersebut juga masih samar karena menurut mbah Sukemi beliau tidak tahu ceritanya secara menyeluruh atau tidak mendetail, beliau mengatakan “ Emboh bener opo ora wong iku lek nyritani mbahku yo mok ngono kuwi wae” artinya “ tidak tahu itu bener apa tidak Cuma itu yang diceritakan sama mbahku”. Namun cerita tersebut berkembang secara turun temurun dari mbah-mbah kepada cucu-cucu hingga saat ini.

 Sejarah Pembangunan Desa

 

            Pembagunan desa  Tahulu baik fisik atau non fisik sudah berkembang dari tahun ke tahun. Secara Fisik sudah banyak sarana prasarana yang sudah dibangun desa baik pendanaan dari APBD Desa, APBD Kapupaten dan APBD Propinsi dan juga dari pihak ketiga atau swadaya berupa sarana pemerintahan yaitu Balai Desa, sarana Pendidikan yaitu gedung Sekolah Dasar tahulu 1 sekitar tahun 1973, sekolah dasar tahulu 2 sekitar tahyn 1976 dan Taman Kanak-Kanak yang baru mau dibangun, sarana transportasi berupa jalan aspal mulai tahun 2002 pada jalan poros desa dan selanjutnya berkembang pada jalan lingkung desa, sarana Kesehatan yaitu dibangunnya puskesmas pembantu di dusun Bancang dan Posyandu. Selain  itu dibangun juga sarana irigasi, tempat peribadahan dan sarana-sarana lainnya.

Pembangunan nonfisik merupakan pembangunan desa berupa peningkatan Sumber Daya Manusia yang dapat dilihat dari tingkat pendidikan masyarakat yaitu dari lulusan Sekolah Dasar sampai lulusan Sarjana. Yang mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. 



Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus